Diniah, Zahratud (2023) Pengaruh Digital Payment ShopeePay dan Locus of Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli sesuatu tanpa pertimbangan
rasional atau berdasarkan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh digital payment shopeepay dan locus of control terhadap
perilaku konsumtif mahasiswa Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan
Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2019, jumlah sampel penelitian sebanyak 85
mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih
mahasiswa yang menggunakan digital payment shopeepay. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data variabel dianalisis
menggunakan regresi linier berganda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
antara lain; Dompet Digital, Psikologi Kepribadian, Perilaku Konsumen dan
Perilaku Konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan digital
payment ShopeePay dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan
terhadap perilaku konsumtif. Secara parsial digital payment berpengaruh positif
dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Locus of control tidak berpengaruh
terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini
variabel-variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik dengan
distribusi normal tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikoliniearitas.
Kata Kunci : Digital Payment ShopeePay, Locus of Control, Perilaku Konsumtif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:22 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/350 |