Penerapan Media Poster Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Rasa Kepedulian Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VI di MI RAYYA Kota Jambi.

Nur Indah Sari, Lily (2023) Penerapan Media Poster Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Rasa Kepedulian Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VI di MI RAYYA Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan di SD/MI haruslah dimaknai secara
terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Sikap Peserta didik terhadap kepedulian
lingkungan dan tanggung jawab dapat dibiasakan dalam kegiatan pembelajaran.
Namun, kenyataannya masih kurang kesadaran siswa kelas VI untuk peduli
terhadap lingkungan terutama di sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya guru
memberikan peringatan atau himbauan berupa media kepada siswa bahwa betapa
pentingnya menjaga lingkungan. Media poster merupakan solusi yang menjadi
gambaran yang berguna sebagai himbauan, peringatan, pemberitahuan untuk
peserta didik agar pedulli terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Jhon Elliot. Tujuan dalam
penelitian ini agar terjadi peningkatan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan.
Hasil penelian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa kepedulian siswa
terhadap lingkungan melalui media poster pada pembelajaran tematik di peroleh
persentase kepedulian siswa terhadap lingkungan pra siklus dengan persentase
7,14%, siklus I 67,86% dan siklus II 92,86%. Serta terjadinya peningkatan
aktivitas guru dan siswa siklus I 65% dan siklus II 92% dan juga peningkatan Pre
Test 25%, Post Test siklus I 71,42% dan siklus II 92,86%.
Kata Kunci: Media Poster, Pembelajaran Tematik, Rasa Kepedulian Siswa

Terhadap Lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 08:39
Last Modified: 17 Oct 2024 04:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item