Deskripsi Proses Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Pertiwi, Pertiwi (2022) Deskripsi Proses Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Pertiwi207180022deskripsiprosespembelajaranUIN - Pertiwi Tiwi.pdf] Text
Pertiwi207180022deskripsiprosespembelajaranUIN - Pertiwi Tiwi.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi proses pembelajaran blended
learning, kemudahan dan kesulitan yang dialami guru dan siswa saat belajar
blended learning dan menegetahui solusi yang diterapkan oleh guru selama
pembelajaran blended learning. Dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan metode pengumpulan
data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran blended learning ilmu pengetahuan
alam terpadu siswa SMP Negeri 7 Tanjung Jabung Timur mengalami banyak
kendala dari pihak guru baik berupa kendala teknis maupun non teknis. Namun
juga memiliki keunggulan tersendiri bagi guru yakni a) flesksibilitas tempat
mengajar. b) siswa juga memiliki kendala teknis maupun non teknis dan juga
memiliki keunggulan tersendiri seperti dapat mengulang video yang diberikan,
referensi luas melalui google. c) Guru IPA di SMP Negeri 7 Tanjung Jabung
Timur memiliki solusi dalam menangani kendala tersebut seperti menerapkan
pembelajaran blended learning dengan media ajar yang berbeda, mempersilahkan
siswa mengumpulkan tugas kesekolah, memberi motivasi keapada siswa,
bekerjasama dengan orang tua siswa. Kesimpualan dari penelitian ini yaitu Guru
IPA di SMPN 7 Tanjung Jabung Timur memiliki solusi untuk kesulitan siswa
dalam melaksanakan pembelajaran online yakni bekerjasama dengan orang tua
dalam mengawasi aktivitas belajar siswa dan mempersilahkan siswa untuk datang
kesekolah. Kemudahan yang dirasakan oleh guru dalam melaksanakan
pembelajaran online seperti tempat mengajar yg fleksibel, kesulitan yang di
hadapi oleh guru yaitu keharusan bagi guru untuk dapat mengoperasikan alat
mengajar yang berbasis elektronik, dan menurut siswa kemudahan yang mereka
rasakan adalah dapat secara langsung mengakses internet dalam mengerjakan
tugas.
Kata kunci : Proses pembelajaran, blended learning, ilmu pengetahuan alam
terpadu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 29 May 2024 07:37
Last Modified: 29 May 2024 07:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item
View Item