Dwi Putra, Rafli (2023) Pola Pengurus Asrama Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Mahasantri Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan yang memperhatikan dan
memerlukan perhatian yaitu fenomena yang terjadi di ma’had al-jami’ah universitas
islam negeri sulthan thaha saifuddin jambi, bahwa dima’had al-jami’ah ini mempunyai
pola,yang mana dima’had ini mendidik mahasantrinya agar hidup mandiri.contohnya:
dima'had ini mahasantri diadakan jadwal belajar maupun olahraga yang efektif didalam
lingkungan asrama, mahasantri juga di latih jiwa interpeneursip,sehingga nantinya
setelah keluar dari ma’had mampu memberikan keilmuan dan keahliannya terhadapt
masyarakat.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field reseaech)
dengan kualitatif deskriptif, dengan mendeskripsikan bentuk strategi ma’had al-
jami’ah dalam menngembangkan potensi mahasantrii.Penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu redupsi data, penyajian data dan
verifikasi data
Hasil penelitian menentukan strategi yang ada dima’had al-jami’ah ,dengan di
bantu sarana dan para Uztadz/Ustadzah, strategi tersebut dapat bejalan dengan baik .
peran pengasuh di mulai dari memperbaiki diri sendiri dengan mencontohkan sikap
disiplin yang baik, memberi tahu dan menasehati santri dengan memberikan hukuman
dengan mendidik mahasantri supaya bisa disiplin dari kegiatan yang ada dima’had al-
jami’ah.
Kata Kunci : Pola, Pengurus, Ma’had Al-Jami’ah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:37 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/335 |