Nur Syahara, Imas (2023) Pengaruh Pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh penerapan pembelajaran Inquiry Co-Operation
Model (ICM) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik
Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi pada pokok bahasan Statistika.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan
pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) mampu meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest – Only Control Design.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling dengan sampel
berjumlah 23 peserta didik di kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 24
peserta didik di kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes uraian berjumlah 8 soal. Analisis pada penelitian ini
menggunakan uji ttest dan uji Effect Size. Dari uji ttest pada taraf signifikan 5%
diperoleh 2,02 < 4,89dan dari hasil uji Effect Size diperoleh 1,5 dengan
persentase 93,3%(Tinggi). Artinya bahwa penerapan pembelajaran Inquiry Co-
Operation Model (ICM) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika peserta didik.
Kata Kunci : Pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM), kemampuan
pemahaman konsep matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:00 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/334 |