Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dampak Negatif Gadget terhadap Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

MUTHOHAROH, LULUK (2023) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dampak Negatif Gadget terhadap Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Luluk Muthoharoh 201190205 Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dampak Negatif Gadget terhadap Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi - Luluk muthoharoh.pdf] Text
Luluk Muthoharoh 201190205 Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Dampak Negatif Gadget terhadap Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi - Luluk muthoharoh.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa perkembangan internet
terutama gadget memberikan dampak bagi siswa, karena itu diperlukan upaya
oleh guru membantu mengatasi dampak negatif gadget pada siswa di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 3 Bungo sehingga siswa dapat menggunakan gadget secara
bijak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak negatif gadget pada siswa
siswa, upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak mengatasi dampak negatif pada
siswanya dan kendala guru dalam mengatasi dampak tersebut. Pendekatan
deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian, subjek penelitian adalah guru
Akidah Akhlak, siswa dan Kepala Madrasah. Observasi, wawancara terstruktur
dan dokumentasi sebagai teknik dalam pengumpulan data yang kemudian
dilakukan olah data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, serta uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget pada siswa berdampak
diantaranya membuat ketergantungan mereka pada gadget, menghabiskan waktu
luang sehingga motivasi untuk belajar menurun, lalai mengerjakan tugas, malas,
dan fokus pada belajar berkurang. Selain itu berdampak pada perilaku keseharian
ketika bertutur kata, berpakaian, menunjukkan sikap individual dan tidak
bersosialisasi. Upaya oleh guru Akidah Akhlak dalam mengatasi dampak tersebut
dimana siswa diberikan pendampingan, arahan dan bimbingan, penugasan seperti
melaksanakan program kultum di setiap Jumat, pemberian motivasi belajar,
pembiasaan contoh tauladan yang baik serta pemberian sanksi jika pelanggaran
dilakukan. Di sisi lain guru dalam mengatasi penggunaan gadget siswa
menemukan kendala antara lain waktu yang sedikit untuk dapat mengawasi,
mengarahkan dan membimbing siswa karena tugas mengajar guru, siswa yang
tidak disiplin dan masih kurangnya kesadaran diri siswa. Untuk itu diharapkan
tanggung jawab bersama pihak madrasah dan orang tua membantu tumbuhnya
kesadaran siswa dalam menggunakan gadget sebagai media dalam belajar.
Kata Kunci: Upaya, guru Akidah Akhlak, gadget siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 29 May 2024 07:16
Last Modified: 29 May 2024 07:16
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item
View Item