Teacher and Learners Talks in English Classroom at Second Grade of Junior High School 17 Jambi City

Hasna Zaini, Lathifah (2023) Teacher and Learners Talks in English Classroom at Second Grade of Junior High School 17 Jambi City. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 205180031 TEACHER AND LEARNERS TALKS IN ENGLISH CLASSROOM AT SECOND GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL 17 JAMBI CITY1 - akmal saputra.pdf] Text
205180031 TEACHER AND LEARNERS TALKS IN ENGLISH CLASSROOM AT SECOND GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL 17 JAMBI CITY1 - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Percakapan guru dan murid bisa diartikan sebagai Bahasa yang digunakan
guru dan murid untuk berinteraksi didalam kelas. Pada sebuah interaksi dikelas,
percakapan menyajikan banyak fungsi penting. Tujuan dari penelitian adalah
untuk mengetahui: (1) Jenis percakapan guru di dalam kelas Bahasa Inggris. (2)
Jenis percakapan murid di dalam kelas Bahasa Inggris. (3) Jenis Pembicaraan
guru menginformasikan proses belajar mengajar di dalam kelas bahasa Inggris
dikelas dua SMP 17 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualtitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta
menggunakan analisa Foreign Language Interaction (FLINT) System.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori percakapan guru dan murid yang
terjadi di dalam kelas berdasarkan teori FLINT: pada percakapan guru, deal with
feeling, praise or encourage, accepts or uses ideas of students, asks questions,
gives information sebanyak, gives direction, criticizes tidak terjadi. Pada
Percakapan murid, student response-specific, student initiation, silence or
confusion. Jenis pembicaraan guru menginformasikan proses belajar mengajar
adalah berdasarkan teori FLINT guru tidak pernah mengkritik perilaku dan respon
siswa selama proses pembelajaran. Selain itu, di awal kelas guru selalu
menggunakan ekspresi yang sama dalam membuka kelas. Selanjutnya, guru tidak
pernah melakukan lelucon atau humor selama proses pembelajaran. Dan
berdasarkan observasi empat kali pertemuan guru jarang menggunakan ide-idea
siswa.
Keywords: Teacher’s Talk, Learners’ Talk, Foreign Language Interaction
(FLINT) System.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 06:56
Last Modified: 29 May 2024 06:56
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item