Indah Sari, Maya (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasill Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Siswa Di SMP Negeri 4 Tungkal Ulu. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu proses pembelajaran daring dalam grup masih
didominasi oleh guru dan siswa kurang mau menanggapi dan tidak merespon
intruksi dari guru,padahal mereka terlihat online. Pembelajaran masih secara
daring dan menggunakan media sosial, dan salah satu media sosial yang
digunakan guru adalah Whats App yang berguna untuk pembelajaran. Rendahnya
hasil belajar siswa antara lain: Siswa tidak tertarik untuk mengikuti proses
pembelajaran terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa tidak aktif
berkomentar di dalam grub WhatsApp saat ditanya oleh guru ataupun memberi
respon terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, siswa tidak berani
memberikan pertanyaan kepada guru. Tujuan penelian ini adalah untuk
mengetahui Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam Terpadu (IPA) Terpadu Siswa Di SMP Negeri 4 Tungkal Ulu.
Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan
kuantitatif, dan pendekatan ini berbentuk Intact-Group Comparison. Pada
penelitian ini sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu
kelas VIII A yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 30 orang.
Hasil dari soal yang valid akan digunakan hasil dari soal yang diberikan untuk
memperoleh hasil post tes baik kelas kelas kontrol dan eksperimen. Hasil t0 atau
ttest yang diperoleh dalam perhitungan untuk hasil belajar setelah diberikan media
sosial, t0 = 14,9386 lebih besar daripada ttabel (baik pada taraf signifikan 5%
ataupun 1%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan
Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengethuan Alam (IPA) Di
SMP Negeri 4 Tungkal Ulu.
.
Kata kunci : Penggunaan media audio visual, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:58 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:54 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/327 |