Implementasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur‟an Surah Al-A‟raf ayat 199 (Studi di Komplek Perumahan Aurduri I Blok A RT 13 Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi)

Rizkiya MZ, Dharma (2023) Implementasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur‟an Surah Al-A‟raf ayat 199 (Studi di Komplek Perumahan Aurduri I Blok A RT 13 Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat yang belum merata
untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak khususnya yang terkandung
dalam al-qur‟an surah al-a‟raf ayat 199 dan kurangnya perhatian terhadap situasi
pendidikan akhlak. Penelitian ini membahas tentang bagaimana Implementasi
nilai pendidikan akhlak dalam al-Qur‟an surah Al-A‟raf ayat 199 di Komplek
Perumahan Aurduri I Blok A RT 13 Telanai Pura Kota Jambi. Metode yang
peneliti gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian ini di lakukan di Perumahan Aurduri I Blok A RT 13 Telanai Pura Kota
Jambi. Subjek penelitian yaitu Tokoh masyarakat yang menerapkan nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam al-qur‟an surah al-a‟raf dan beberapa masyarakat
setempat. Jenis datanya yaitu data primer dan data sekunder. Sumber datanya
berupa manusia, suasana, dan foto. Adapun instrumen pengumpulan datanya
menggunakan teknik obsrevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data
yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa. Pertama, Implementasi nilai pemaaf yang dilakukan
masyarakat adalah melalui sikap saling menghargai, berkomunikasi yang baik,
nasihat dan juga keteladanan. Cara menerapkan perbuatan ma‟ruf yang dilakukan
oleh masyarakat adalah melalui juga pembiasaan yang rutin di lakukan seperti
mengajak masyarakat aktif mengisi kegiatan yasinan di masjid setiap malam
Jum‟at dan mengajak masyarakat mengisi kotak infaq di rumah, saling
bersilaturahmi, serta saling tolong menolong antar sesama, bersikap jujur dan
mengerjakan rukun Islam yang lima. Kedua, Faktor pendukung dari penerapan
nilai pendidikah akhlak dalam surah al-A‟raf umumnya adalah karena faktor
lingkungan dan keadaan masyarakat yang memang tergolong baik. Sedangkan
yang menjadi faktor penghambat dari penerapan nilai pemaaf dan juga berbuat
ma‟ruf di sebabkan oleh kerjamasa antar masyarakat yang terkadang masih belum
sepenuhnya berkontribusi dalam beberapa aktivitas atau kegiatan yang
mendukung, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menerapkan nilai pemaaf
dan juga berbuat ma‟ruf masih begitu kurang. Ketiga, solusi dalam mengatasi
hambatan yang ditemui adalah dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang
lebih luas antar sesama masyarakat dan senantiasa memberi himbauan terhadap
penyelenggaraan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan.
Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Al-Qur‟an Surah Al-A‟raf ayat 199

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 29 May 2024 03:39
Last Modified: 17 Oct 2024 06:47
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item