Kualitas Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Nur'aini, Sinta (2023) Kualitas Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of DWI IHSAN WIJOYO 503180054 PENGARUH PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN PAJAK AIR PERMUKAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI JAMBI PERIODE 2018-2021-1 - Dwi Ihsan Wijoyo.pdf] Text
DWI IHSAN WIJOYO 503180054 PENGARUH PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN PAJAK AIR PERMUKAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI JAMBI PERIODE 2018-2021-1 - Dwi Ihsan Wijoyo.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Sinta Nur’aini. 2022. Kualitas Layanan Perpustakaan di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi, Program Studi
Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas
Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Pembimbing I : M.Rum, S.Ag., SS.,
M.Si dan Pembimbing II : Syamsuddin, S.Ag., S.IPI., M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan di perpustakaan SMP
Negeri 3 Kabupaten Tebo, mengetahui apa kendala pustakawan dalam
meningkatkan kualitas layanan, mengetahui upaya meningkatkan kualitas
pelayanan. Penelitian ini juga mendeskripsikan gambaran umum bagaimana
keadaan di perpustakaan SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan
subyek dalam penelitian ini dengan cara snowball sampling, pengumpulan data
melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa
dari keseluruhan indikator tersebut pelayanan di Perpustakaan SMP Negeri 3
Kabupaten Tebo sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kualitas pelayanan dan
indikator bukti fisik penampakkan fasilitas, gedung, peralatan yang belum cukup
baik, keandalan memberikan pelayanan secara tepat dan akurat sudah cukup baik,
daya tanggap memberikan pelayanan yang tepat waktu sudah cukup baik,
keyakinan memberikan kepercayaan, pengetahuan dan kesopansantunan sudah
cukup baik dan empati komunikasi antar petugas dengan pemustaka sudah cukup
baik. Kendala petugas dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada perpustakaan
SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo yaitu: kurangnya gedung khusus perpustakaan,
kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, kurangnya dana, dan kurangnya tenaga
kerja yang ahli di bidang Ilmu Perpustakaan. Upaya perpustakaan dan petugas
dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu: membuat gedung baru, menambah
fasilitas sarana dan prasarana, menambah dana, penambahan sumber daya manusia
seperti staf pengelola yang berlatar belakang ilmu perpustakaan. Adapun saran
yaitu petugas diharapkan penambahan kuantitas dan kualitas tenaga petugas yang
ahli di bidang ilmu perpustakaan, penambahan rak buku supaya tidak ada lagi
buku-buku yang berada di atas meja baca dan tidak ada lagi yang berada di lantai,
diharapkan menghidupkan kipas angin ketika sedang ada pemustaka yang sedang
membaca atau belajar di perpustakaan, dan dibersihkan seluruh sudut-sudut
ruangan.

Kata Kunci : Layanan Perpustakaan Sekolah, bukti fisik, keandalan, daya

tanggap, keyakinan, empati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 03:37
Last Modified: 29 May 2024 03:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item
View Item