Wasesa, Iga (2023) Problematika Penerapan Metode Kisah dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang problematika penerapan metode kisah dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas X E1 Sekolah Menengah Atas Negeri
Kabupaten 11 Muaro Jambi Provinsi Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kegiatan pembelajaran yang hanya dikuasai oleh guru artinya hanya beberapa siswa
yang ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Untuk itu penulis melakukan penelitian
agar mengetahui bagaimana dalam penerapan metode kisah dapat menjadikan
pembelajaran berjalan secara efektif dan dapat mengaktifkan siswa sehingga
pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas mendapatkan respon yang positif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode kisah, kendala
dalam menerapkan metode kisah, dan solusi dalam mengatasi kendala tersebut sehingga
penerapan metode kisah bisa berjalan secara efektif. Jenis penelitian ini, menggunakan
pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian: Penerapan metode kisah dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam
dikelas X E1 SMA Negeri 11 Muaro J ambi sudah berjalan dengan baik. Namun
pelaksanaan pembelajaran tidak lepas dari kendala yang berasal dari pendidik maupun
peserta didik. Beberapa kendala tersebut meliputi: Guru kesulitan dalam menguasai
kisah yang disajikan, jam pelajaran yang tidak kondusif, metode kisah yang sifatnya
monolog, siswa tidak mempunyai buku paket, rendahnya minat belajar siswa. Agar
pembelajaran menggunakan metode kisah menjadi lebih efektif maka harus adanya
solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, diantaranya: Sebelum kegiatan belajar
mengajar berlangsung hendaknya guru menyiapkan media pembelajaran untuk
menunjang pembelajaran siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru
hendaknya lebih menguasai kisah yang akan disajikan. Berdasarkan hasil penelitian
diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kisah di Sekolah Menengah Atas
Negeri 11 Muaro Jambi berjalan secara efektif, hal ini dibuktikan dengan hasil temuan
yang peneliti dapatkan di lapangan.
Kata Kunci : Metode kisah, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:04 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/317 |