Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 197/IX Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi

Hervika, Hervika (2023) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 197/IX Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 197/IX
Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi dengan menggunakan model
pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran tematik. Adapun metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil yang
diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan proses
pembelajaran dari tahapan siklus I dan siklus II yaitu dapat diketahui bahwa
setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
tematik tentang materi panas dan perpindahannya, yang mana bisa kita lihat dari
tabel hasil presentasi ketuntasan nilai siswa yang ada pada tahapan pra siklus yaitu
49% (sangat kurang), saat dilakukan tahapan siklus I yaitu mengalami sedikit
peningkatan menjadi 65,5% (kurang), dan kemudian setelah dilakukannya tahapan
kegiatan pada siklus II terjadi peningkatan hasil yang diperoleh menjadi 78,3%
(baik).
Penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar
siswa dalam proses pembelajaran tematik dengan menggunakan model
pembelajaran Inkuiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 197/IX
Pematang Gajah Kabupaten Muaro Jambi.

Kata Kunci : Inkuiri, Berpikir Kritis, Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 29 May 2024 03:32
Last Modified: 17 Oct 2024 04:26
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item
View Item