Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi

Sukmi Gustia, Dila (2023) Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Dila Sukmi Gustia 201190148 penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama negeri 19 kota jambi - Dilla Sukmi01.pdf] Text
Dila Sukmi Gustia 201190148 penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama negeri 19 kota jambi - Dilla Sukmi01.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah yang terjadi disekolah Menengah Pertama Negeri 19
Kota Jambi yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
Agama Islam yang disebabkan oleh minimya pengetahuan guru akan strategi dan
metode yang cocok, metode ceramah yang digunakan guru menyebabkan anak
kurang bersemangat dan merasa bosan sehingga hasil belajar pun terhambat. Tujuan
dari peneliti ini yaitu ingin mengetahui lebih dalam dan menenrapkan metode
pembelajaran yang baru yaitu Metode Mind Mapping sehingga tujuan pembelajaran
dapat dicapai. Jenis peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Resaerch) secara kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas
VIII B SMP Negeri 19 Kota Jambi yang berjumlah 25 orang serta menggunakan
Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negei 19 Kota Jambi.
Desain penelitian ini mengacu pada desain penenlitian tindakan kelas menurut
Kemmis dan Mc. Tegar yang meliputi empat tahap yaitu : (1) Perencanaan (2)
Tindakan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Data yang diperoleh dengan menggunakan :
Perangkat Penelitian, tes tertulis, lembar observasi, dokumentasi. Hasil penenlitian
menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari tes yang telah dilakukan pada saat Pra
siklus, Siklus I dan Siklus II dengan presentase ketuntasan awal pra siklus 67,20%
menjadi 70,80% pada siklus I dan meningkat signifikan menjadi 82,40% pada siklus
II. Aktifiitas belajar siswa pada siklus I yaitu 51,25% meningkat menjadi 92,5% pada
sikus II. Dengan demikian hasil penelitian disekolah menengah pertama negeri 19
kota jambi telah tercapai dengan baik.

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 03:14
Last Modified: 29 May 2024 03:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item
View Item