Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi.

Saputri, Dika (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 204190166 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK  KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI - akmal saputra.pdf] Text
204190166 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) dalam meningkatkan hasil belajar tematik kelas VIb di SDIT AlMuthmainnah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui
pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran tematik di
kelas VIb SDIT Al-Muthmainnah Kota Jambi (2)Mengetahui kelayakan bahan ajar
Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran tematik di kelas VIb pada materi
tematik di SDIT Al-Muthmainnah Kota Jambi (3) Mengetahui kemenarikan bahan
ajar Lembar Kerja Peserta Didik dalam pembelajaran tematik di kelas VIb di SDIT
Al-Muthmainnah Kota Jambi.
Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE,
model pengembangan ini muncul pada tahun 1967an dikembangkan oleh Reiser dan
Mollanda. Salah satu fungsi ADDIE adalah menjadi pedoman dalam membangun
perangkat dan infrastruktur program pelatihan yang efektif, dinamis, dan mendukung
kerja pelatihan itu sendiri. Tahap pengembangan model ADDIE diantaranya Analyze
(Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas
VIb SDIT Al-Muthmainnah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi
pengembangan bahan ajar ini melibatkan 3 validator yaitu ahli materi, ahli media,
dan ahli bahasa.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi menilai bahan ajar ini masuk dalam
kategori “Sangat Layak” dengan persentase 85%, dari ahli media menilai bahan ajar
ini masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 100%, dan ahli bahasa
menilai bahan ajar ini masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase
85%, artinya LKPD ini layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran
tematik. Hasil respon peserta didik menilai bahan ajar ini masuk dalam kategori baik
sekali dengan persentase 90,9% artinya bahan ajar LKPD ini menarik untuk
digunakan dalam pembelajaran tematik.
Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 29 May 2024 03:20
Last Modified: 29 May 2024 03:20
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item
View Item