Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Di Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi,

Widiyastuti, Indah (2023) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Di Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi,. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Indah Widiyastuti (202180044) - Indah Widiyastuti.pdf] Text
Indah Widiyastuti (202180044) - Indah Widiyastuti.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang
pendidikan siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab.
Berdasarkan pengamatan dan observasi awal, fakta di lapangan
menunjukkan bahwa sebagian siswa kesulitan belajar bahasa Arab karena latar
belakang sekolah yang berbeda dan kurangnya minat mereka terhadap mata
pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Ikhlas Kota
Jambi, JL Bakarrudin, Rt. 18, Mayang mangurai.Kel. Alam Barajo. Populasi
sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Gambia, dan
populasi terjangkau (sasaran) adalah siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Al-Ikhlas
Kota Jambi yang berjumlah 84 siswa. Pengambilan sampel dari anggota populasi
dilakukan peneliti menggunakan cara Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Selama teknik analisis data
yang diperoleh, peneliti membaginya menjadi dua analisis antara lain; (1) analisis
deskriptif hasil wawancara dan observasi; (2) Analisis inferensial untuk hasil
angket.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, tidak terdapat pengaruh
antara latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar bahasa Arab di Madrasah
Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi. Dilihat dari hasil determinasi sebesar 0,060 dengan
signifikansi 0,586. Karena signifikansi >0,05 maka Ho diterima yang berarti Ha
ditolak. Artinya secara statistik tidak terdapat hubungan yang signifikan antara latar
belakang pendidikan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 03:05
Last Modified: 29 May 2024 03:05
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item