Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Accelarated Learning pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 49 Kota Jambi

Septia, Rista (2023) Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Accelarated Learning pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 49 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI RISTA SEPTIA 204190049 PGMI  - Rista Septia.pdf] Text
SKRIPSI RISTA SEPTIA 204190049 PGMI - Rista Septia.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi menuntut guru untuk lebih kreatif dalam
memanfaatkan teknologi yang ada baik dari bahan ajar, media pembelajaran, dan
perangkat pembelajaran lainnya. Hal ini didukung dengan adanya berbagai
pelatihan pelatihan yang dilakukan untuk para guru, salah satunya pelatihan
media canva. Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang lebih banyak
menuntut daya ingat peserta didik sehingga diperlukan berbagai media yang
membangkitkan semangat belajar peserta didik dan ketertarikan peserta didik.
Pembelajaran IPS memiliki tujuan yang penting, yaitu menciptakan peserta didik
yang siap menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki sikap religius, jujur,
demokratis, kreatif, kritis, senang membaca, memiliki kemampuan belajar, rasa
ingin tahu, peduli dengan lingkungan sosial dan fisik, serta mampu
berkomunikasi secara produktif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini
adalah untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbentuk LKPD
Interaktif dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning yang
teruji valid, layak untuk di uji cobakan serta menarik untuk digunakan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah research development
dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design,
Development, dan Implementation. Penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil
sebagai berikut (1) media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan valid
digunakan dari hasil validasi dari 3 validator. Yakni, validator ahli materi
dengan skor 84,21 %, validator ahli media dengan skor 97,25% dan 96% dari ali
pembelajaran. (2) media dinyatakan sangat menarik dengan perolehan skor
sebanyak 93,33%.

Kata Kunci : LKPD Interaktif, IPS, Accelarated Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 22 May 2024 01:57
Last Modified: 22 May 2024 01:57
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item
View Item