Rancang Bangun Game Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Berbasis Android

Gita Permata, Nurrohmi (2023) Rancang Bangun Game Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Berbasis Android. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Nurrohmi Gita Permata_701190052_Rancang Bangun Game Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Berbasis Android - Nurrohmi Gita Permata.pdf] Text
Nurrohmi Gita Permata_701190052_Rancang Bangun Game Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Berbasis Android - Nurrohmi Gita Permata.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Bahasa isyarat menjadi salah satu cara berkomunikasi orang-orang
yang mengalami ketulian. Dengan menggunakan bahasa isyarat teman tuli
dapat berkomunikasi dengan leluasa, sehingga bahasa isyarat dapat
memudahkan komunikasi teman tuli dengan lawan bicaranya. Penelitian ini
menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan
enam tahap, yaitu Concept (pengonsepan), Design (perancangan), Material
Colecting (pengumpulan bahan), Assembly (pembuatan), Testing
(pengujian), dan Distribution (pendistribusian). Penelitian ini menghasilkan
game pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Jambi yang diberi
nama Isyaratku Jambi dengan menampilkan materi pembelajaran bahasa
isyarat dan kuis yang memilik 4 tingkat kesulitan. Hasil game ini berupa
apk berbasis android. Game ini dapat membantu pengguna dalam
mempelajari Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Jambi dengan materi
yang ada pada game ini. Game ini dapat dikategorikan layak, karena pada
tahap pengujian blackbox dengan bantuan 4 orang responden mendapatkan
nilai 95%.
Kata kunci : Bahasa Isyarat, MDLC, Android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 02:22
Last Modified: 29 May 2024 02:22
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item