Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi

Maulida, Riha (2023) Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Riha Maulida 201190143 Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi - Riha Maulida.pdf] Text
Riha Maulida 201190143 Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Falah Kota Jambi - Riha Maulida.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti hal ini dikarenakan banyaknya
siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang
memahami materi dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas IX.3 di SMP Islam Al Falah Kota Jambi berjumlah 29 orang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IX.3 di SMP Islam AL Falah Kota Jambi pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi yang mana setiap siklusnya
terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, test, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di
analisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini
dapat dilihat pada pra siklus terdapat 14 orang siswa yang tuntas 48% (cukup baik),
pada siklus I setelah diterapkannya metode drill dalam proses pembelajaran hasil
belajar siswa meningkat 21 orang siswa tuntas 72% (baik), dikarenakan presentase
ketuntasan belum mencapai indikator minimum, penelitian ini dilanjutkan ke siklus
II terdapat 26 siswa yang tuntas 89% (sangat baik). Karena presentase ketuntasan
pada siklus II telah mencapai indikator ketuntasan maka penelitian ini di anggap
berhasil dan berhenti pada siklus II.

Kata Kunci : Metode Drill, Meningkatkan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 01:59
Last Modified: 29 May 2024 01:59
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item
View Item