Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Getaran dan Gelombang

Novriana, Nadia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Getaran dan Gelombang. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of skripsi wurry yurindha_ 2023 - Isan Nuar.pdf] Text
skripsi wurry yurindha_ 2023 - Isan Nuar.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 1) belum optimalnya kagiatan praktikum di
laboratorium fisika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 2)
belum adanya bahan ajar berupa lembar kerja mahasiswa berbasis model problem
based learning pada materi getaran dan gelombang. 3) belum lengkapnya alat-alat
laboratorium yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui
karakteristik lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning
pada materi getaran dan gelombang. 2) mengetahui validitas lembar kerja
mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan
gelombang. 3) mengetahui respon mahasiswa terhadap uji lembar kerja
mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan
gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research
and Development) yang menggunakan model 4-D. Subjek penelitian ini yaitu satu
ahli materi, satu ahli media, satu ahli bahasa, dan mahasiswa yang sudah
mempelajari fisika dasar 1 yang terdiri dari 11 mahasiswa. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket
mahasiswa. Data hasil validasi dan respon mahasiswa di analisis secara deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan lembar kerja mahasiswa berbasis model problem
based learning. Lembar kerja mahasiswa ini terdapat tiga percobaan yaitu bandul
matematis, gelombang stasioner, dan pembuktian sifat-sifat gelombang. Hasil
validasi ahli materi yaitu 98% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli
media yaitu 95% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli bahasa yaitu
91% dengan kategori sangat baik. Hasil uji responden mahasiswa pada lembar
kerja mahasiswa yang dikembangkan yaitu 92,4% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil validasi ahli didukung dengan hasil uji responden maka dapat
disimpulkan bahwa lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based
learning pada materi getaran dan gelombang layak digunakan.
Kata Kunci: LKM, Problem Based Learning, Getaran dan Gelombang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 02:06
Last Modified: 29 May 2024 02:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item
View Item