Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah (MI) No.02/E.72 Maliki Air Kota Sungai Penuh

Mayori, Lala (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah (MI) No.02/E.72 Maliki Air Kota Sungai Penuh. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah
(MI) No.02/E.72 Maliki Air Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) No.02/E.72 Maliki Air yang berjumlah
27 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran TAI
untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pada awal observasi peneliti
menemukan hasil belajar belajar siswa yang masih rendah. Setelah dilaksanakan
proses pembelajaran siklus I dan siklus II dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar siswa kelas V mengalami
peningkatan yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 76,295 dan siklus II 86,67%.
Untuk ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 74,07% pada siklus I
menjadi 88,89% pada siklus II setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI dan dinyatakan tuntas secara klasikal dengan kategori baik sekali.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah No.02/E.72 Maliki Air.
Kata Kunci : Kooperatif tipe TAI, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 29 May 2024 01:41
Last Modified: 17 Oct 2024 04:34
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item
View Item