The Effect of Engage, Study, Activate (ESA) Method on Students‟ Speaking Ability in MTs Assas Islamiyah Jambi

Agriansah, Agriansah (2023) The Effect of Engage, Study, Activate (ESA) Method on Students‟ Speaking Ability in MTs Assas Islamiyah Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan dari metode
(ESA) terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas
delapan MTs Assas Islamiyah Jambi. Penelitian ini menggunakan design penelitian
experimental. Penelitian ini menganalisis data secara kuantitatif. Data diperoleh
dengan menggunakan tes berbicara. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster
random sampling. sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang
diperkirakan dengan menggunakan Metode ESA dan kelas VIII B sebagai kelas
kontrol tanpa menggunakan metode ESA. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan paired t-test and independent t-test. Peneliti meminta bantuan dua orang
penilai untuk medapatkan data kemapuan berbicara siswa. Setelah menganalisis data,
nilai dari paired t-test adalah 0.000 ≤ 0.05, ini berarti bahwa diterima. Sedangkan,
independent sample t-test perbedaannya adalah 11.938 dan signifikasi 2-tailed ≤ 0.05
(0.003 ≤ 0.05) ini berarti bahwa diterima. Maka dari itu, ini bisa disimpulkan
bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa antara
kelas eksperimen dan kelas control.
Kata kunci: Belajar, Keterampilan Berbicara Metode (ESA), Latihan, Libatkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 01:35
Last Modified: 16 Oct 2024 06:39
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item