The Effect of Self Directed Learning Method on Studemts’ Speaking Skill at the 8th Grade of MTsN 5 Jambi

Hayati, Aprilia (2023) The Effect of Self Directed Learning Method on Studemts’ Speaking Skill at the 8th Grade of MTsN 5 Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya
pengaruh yang signifikan dan perbedaan yang signifikan dari
metode pembelajaran mandiri terhadap keterampilan berbicara
siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTsN 5 Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan
dengan menggunakan desain eksperimen kuantitatif. Data
diperoleh dengan menggunakan tes berbicara. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Jambi. Kelas VIII A

merupakan kelas eksperimen yang menggunakan metode self-
directed learning dan kelas VIII E merupakan kelas kontrol tanpa

menggunakan metode self-directed learning. Untuk menganalisis
data, peneliti menggunakan uji-t berpasangan dan uji-t independen.
Peneliti meminta bantuan dua rater untuk mendapatkan data
keterampilan berbicara siswa. Hasil uji t (-5,132) dengan df = 65
dan signifikansi (0,000). nilai p kurang dari 0,05 (0,000 <0,05).
Berarti hasilnya signifikan. Dengan demikian, terdapat cukup bukti
yang menunjukkan bahwa hipotesis nol dapat ditolak, dan dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mandiri
efektif terhadap keterampilan berbicara siswa. Sedangkan
independent sample t-test mean of the difference adalah 10,2879
dan signifikansi 2-tailed < 0,05 (0,000 < 0,05). Oleh karena itu,
peneliti menemukan perbedaan kemampuan berbicara siswa antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : Metode Self Directed Learning, Keterampilan
Berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 01:32
Last Modified: 16 Oct 2024 06:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item