Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD 100/1 Pematang Gadung

Hamida, Hamida (2023) Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD 100/1 Pematang Gadung. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of HAMIDA Watermark - Hamida.pdf] Text
HAMIDA Watermark - Hamida.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwasanya masih rendahnya
kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains dan teknologi
masyarakat terhadap peningkatan kemampuan pemecahan maslaah siswa kelas V
SD 100/1 Pematang Gadung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan pada 11- Oktober
sampai dengan 20 November tahun 2022. Siubjek daripada penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Pematang Gadung yang berjumlah 28 orang. Perolehan data
dalam penelitian melalui Observasi, Tes, dan Dokumentasi.
Hasil daripada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sains
teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah peserta didik kelas V A pada materi pokok peredaran darah manusia. Hal
tersebut dapat dibuktikan dari hasil penelitian ini, pada tahap prasiklus nilai
belajar peserta didik yaitu 63 pada siklus I meningkat menjadi 69, pada siklus II
meningkat 83.
Dari hasil gain menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami
peningkatan pada setiap siklus. Siklus I mengalami peningkatan 69% dengan nilai
gain 0,1 yang berarti peningkatannya kurang. Siklus II terlihat peningkatan 80%
dengan nilai gain 0,4 yang berarti peningkatannya tinggi atau baik. Dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat
(STM) pada materi peredaran darah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah siswa.
Kata Kunci : Sains dan Teknologi, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 29 May 2024 01:27
Last Modified: 29 May 2024 01:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item
View Item