Melati, Juni Putri (2023) Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena keaktifan siswa kelas VIII.C
SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dalam belajar masih sangat rendah dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat di lihat dari nilai siswa yang kurang dari
KKM, siswa cenderung kurang fokus dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari
guru atas materi yang diajarkan, pembelajaran masih berpusat pada guru yang
dimana pada hal ini tidak sesuai dengan K13 yang menuntut siswa lebih aktif.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses keaktifan siswa kelas VIII.C
menggunakan metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan
bagaimana hasil peningkatan belajar siswa kelas VIII.C menggunakan metode
diskusi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan
metode diskusi. Dimulai dari peningkatan aktivitas/keaktifan siswa di setiap siklus
pada metode diskusi dari siklus I diperoleh persentase 70% dengan kategori (baik)
selanjutnya, pada siklus II aktivitas siswa memperoleh persentase 85% dan masuk
dalam kategori (baik) dalam keaktifan belajar. Dan hasil belajar dimulai pada pra-
siklus siswa memperoleh nilai 31% dimana hanya 10 siswa yang tuntas dari
jumlah keseluruhan siswa yakni 32 siswa. siklus I 66%, dan siklus II 87%. Pada
siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat keaktifan siswa meningkat.
Kata kunci : Metode Diskusi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,
Keaktifan Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 28 May 2024 08:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:32 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/267 |