Students‟ Language Preference in EFL Classroom at English Education Study Program

Ilmiah, Siti Nur (2023) Students‟ Language Preference in EFL Classroom at English Education Study Program. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 205180065 STUDENTS’ LANGUAGE PREFERENCE IN EFL CLASSROOM AT ENGLISH EDUCATION  STUDY PROGRAM - Siti nur Ilmiah.pdf] Text
205180065 STUDENTS’ LANGUAGE PREFERENCE IN EFL CLASSROOM AT ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM - Siti nur Ilmiah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prefrensi bahasa siswa di kelas
bahasa inggris. Penelitian ini diadakan di Program Studi Tadris Bahasa Inggris
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jumlah sampel terdiri dari dua ratus dua
siswa dari tahun akademik 2020, 2021, dan 2022. Teknik pengambilan sampel
menggunakan stratified random sampling. Instrument penelitian ini diadaptasi dari
Tamalawe et al., (2022) yang terdiri dari tiga puluh pernyataan. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner penelitian menggunakan Google
form melalui Whatapp kepada seluruh sampel. Terdapat tiga puluh pernyataan
pada kuesioner yang mana pada setiap tiga pernyataan memiliki kontinuitas satu
sama lain, yang jika disimpulkan terdapat sepuluh poin utama. Peneliti
mengkalkulasikan jumlah skor Likert scale pada setiap tiga pernyataan. Hasil dari
pernyataan nomor satu sampai tiga puluh setelah dikalkulasikan menunjukan
bahwa para mahasiswa memiliki respon yang positif terhadap penggunaan
bilingualisme di kelas bahasa inggris. Maka dari itu dapat disimpulkan jika

preferensi bahasa siswa di kelas bahasa Inggris yaitu bilingual (Inggris-
Indonesia).

Kata kunci: Kelas EFL, linguistik, peferensi bahasa siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 08:22
Last Modified: 28 May 2024 08:22
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item
View Item