YUSRA, ULFA (2023) Penerapan Model Pembelajaran STEAM (Science, technology, engineering, Art and mathematics) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI Al-Munawwarah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada abad 21 pendidikan diharapkan mampu mempunyai sumber daya yang
berkarakter, mampu berpikir kritis, mampu menyelesaikan berbagai permasalahan
dan mampu berkolaborasi dalam bidang apapun. Namun kenyataannya
pencapaian kompetensi pembelajan Tematik yang kurang optimal. Hal ini
disebabkan guru lebih dominan menggunakan model pembelajaran konvensional
sehingga siswa merasa bosan jika belajar di kelas. maka model STEAM
merupakan solusi pembelajaran tematik dirancang dalam rangka meningkatkan
hasil belajar yang optimal dan maksimal dengan cara mengangkat pengalaman
anak didik yang mempunyai jaringan dari berbagai aspek keh idupannya dan
pengetahuannya. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.Tujuan dari penelitian ini
adalah agar terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan
yaitu siklus I hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I
dengan nilai rata-rata 76,5% dan siklus II 90%. Ranah kognitif siklus I dengan
nilai rata-rata 73,91% dan siklus II 88,91%. Untuk ketuntasan klasikal juga
mengalami peningkatan dari 32,56% pada siklus I menjadi 88,91% pada siklus II
setelah diterapkan model pembelajaran STEAM pada mata pelajaran Tematik dan
dinyatakan tuntas secara klasikal dengan kategori baik sekali. Ranah psikomotorik
terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 71,5% dan siklus II 91,5% terjadi 32,6%
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Serta terjadinya peningkatan pada aktivitas
guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76,47% dan pada
siklus II 83,33%Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 65,52%. Pada
siklus I persentase yang diperoleh sebesar 78,84% dan pada siklus II persentase
yang diperoleh sebesar 92,30%.
Kata Kunci : STEAM, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 28 May 2024 08:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:00 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/264 |