Karlina, Karlina (2023) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator End Explaining (SFE) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Student Facilitator
and Explaining untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran
akidah akhlak kelas x di madrasah aliyah negeri 2 kota Jambi. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini memfokuskan pada
proses pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model Student
Facilitator and Explaining. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus
terdiri dari dua pertemuan. Pada awal observasi peneliti menemukan keaktifan
belajar siswa yang masih rendah. pada saat proses pembelajaran terlihat model
pembelajaran yang digunakan oleh guru belum maksimal. Setelah dilaksanakan
proses pembelajaran siklus I dan siklus II dengan menggunakan model Student
Facilitator and Explaining, keaktifan belajar siswa kelas X IPS 2 mengalami
peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Expalining dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas X
IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi.
Kata kunci : Student Facilitator and Explaining. Keaktifan Belajar, Akidah
Akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 28 May 2024 08:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:01 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/263 |