Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Desa Kembang Seri Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari

Fitri, Nurula Ikrima (2023) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok di Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu Desa Kembang Seri Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “ Meningkatkan Kemampuan
Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok Di Taman Kanak-Kanak
Kasih Ibu Desa Kembang Seri Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten
Batang Hari “ yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
pada anak usia 5-6 tahun.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap tahap siklus meliputi
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari
21 anak diantaranya 11 laki-laki dan 10 perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi. Target
keberhasilan dalam penelitian ini yang telah disepakati antara peneliti dan guru
yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan
motorik kasar anak meningkat setelah penerapan bermain egrang batok untuk
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Pada tindakan pra siklus sebesar
44,04%. Meningkat pada siklus I menjadi 54,16% dan pada siklusII meningkat
lagi menjadi 97.10%.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui permainan
tradisional egrang batok dapat Meningkatkan Motorik Kasar Anak di Taman
Kanak-Kanak Kasih Ibu Desa Kembang Seri Baru Kecamatan Maro Sebo Ulu
Kabupaten Batang Hari.
Kata kunci : permainan tradisional, motorik kasar, egrang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 08:06
Last Modified: 16 Oct 2024 07:19
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item
View Item