Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Abad 21 Pada Pendidiakan Dasar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi

Setyaningrum, Vina Devi (2023) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Abad 21 Pada Pendidiakan Dasar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of VINA DEVI SETYANINGRUM 204190105 Evaluasi Sistem Informasi Akademik di UIN STS Jambi_compressed - Vina Devi Setyaningrum.pdf] Text
VINA DEVI SETYANINGRUM 204190105 Evaluasi Sistem Informasi Akademik di UIN STS Jambi_compressed - Vina Devi Setyaningrum.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang dirancang untuk generasi
abad ke-21 agar mampu mengikuti arus dalam perkembangan zaman. Didalam
pembelajaran abad 21 menekankan 4C. 4C terdiri dari kolaboratif ( Collaboration
), kreatif ( Creative ) , komunikasi ( Comunication ) dan berfikir kritis ( Critical
Thinking ). Tantangan pembelajaran abad 21 merupakan hal yang sedang dihadapi
saat ini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa konsep pembelajaran
abad 21 bila di kolaborasikan dengan kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar
Islam Terpadu Ahmad Dahlan kota Jambi. Mulai dari pelaksanaan, perencanaan,
serta evaluasinya bahkan tantangan serta hambatan yang di hadapi. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Studi
Kasus dan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Peneliti menemukan dalam penerapan pembelajaran abad 21 pada
kurikulum merdeka yang di terapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad
Dahlan belum sepenuhnya menerapkan merdeka belajar hanya untuk kelas I dan
IV . Pada mata pelajaran Projek di kelas IV, guru menggunakan model
pembelajaran Inquiry Learning yang tujuannya mengajak siswa agar lebih aktif,
kreatif, komunikatif dan berfikir kritis sejalan dengan 4C yang ditekankan pada
pembelajaran abad 21. Dilihat dari hasil observasi, ternyata pada semester I siswa
diberi materi tentang anyam dan di semester II diberi materi tentang makanan
tradisional. Pada akhir semester nantinya ada suatu kegiatan untuk
mengembangkan jiwa lifeskill siswa yakni gebyar unjuk karya siswa yang telah
dipersiapkan lewat pelajaran Projek yang tentunya karya tersebut bukanlah karya
yang satu hari jadi namun karya yang dibuat secara bertahap.
Kata Kunci : Konsep Pembelajaran abad 21, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 28 May 2024 08:07
Last Modified: 28 May 2024 08:07
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item
View Item