Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Mendahara Ilir

Adawiyah, Rabiyatul (2022) Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Mendahara Ilir. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Rabiyatul Adawiyah 204190039 PGMI - Rabiyatul Adawiyah.pdf] Text
Rabiyatul Adawiyah 204190039 PGMI - Rabiyatul Adawiyah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatkan kemandirian belajar
siswa menggunakan E-Modul pada pembelajaran IPAS. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini ialah Research And Development dan menggunakan model
pengembangan ADDIE. Adapun tujuan penelitian ini mencakup: (1). Untuk
mendeskripsikan kemandirian belajar siswa kelas 4 MI Nurul Iman Mendahara Ilir.
(2). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa
kelas 4 MI Nurul Iman Mendahara Ilir.(3). Untuk mengetahui upaya dalam
meningkatkan kemandirian siswa kelas 4 MI Nurul Iman Mendahara Ilir. (4) Dapat
mendeksripsikan proses pengembangan E-Modul pada pembelajaran IPAS. (5).
Untuk mengetahui tingkat kelayakan E-Modul pembelajaran IPAS.(6). Untuk
mengetahui pengaruh peningkatan kemandirian siswa sebelum dan sesudah
penggunaan E-Modul IPAS. Hasil penelitian: (1). Kemandirian belajar siswa kelas
IV MI Nurul Iman Mendahara Ilir termasuk cukup mandiri hal ini juga diperkuat
hasil instrument angket yang mendapatkan skor 50,15. (2) Adapun faktor yang
mempengaruhi kemandirian belajar siswa berasal dari faktor internal dan eksternal.
(3) Upaya yang telah dilakukan guru IPAS berupa penggunaan model pembelajaran
kooperatif yang berusaha melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran, (4)
Pengembangan E-Modul menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, analisis,
desain, development, implementasi,evaluasi.(5) Uji kelayakan E-Modul dilakukan
oleh guru IPAS dan mendapatkan skor 97,5% yang termasuk dalam kategori sangat

layak digunakan tanpa revisi.(6). Berdasarkan hasil angket sebelum penggunaan E-
Modul didapatkan skor 50,15 kemudian setelah penggunaan E-Modul didapati skor

78,09, lalu diuji N-gain dan didapati skor 56,57% yang termasuk dalam kategori
cukup efektif, berdasarkan hasil tersebut maka E-Modul cukup efektif untuk
meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, E-Modul, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 07:58
Last Modified: 28 May 2024 07:58
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item