Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Septia, Sifa Nela (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SIFA NELA SEPTIA 206180044 T.FISIKA UIN STS JAMBI - Sifa Nela Septia.pdf] Text
SIFA NELA SEPTIA 206180044 T.FISIKA UIN STS JAMBI - Sifa Nela Septia.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep fisika
siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian
kuatitatif menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment dengan desain penelitian
One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar
observasi dan tes. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 33 siswa dengan
teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Peneliti mengemukakan
bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berpengaruh Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa
secara signifikan. Dari semua aspek yang digunakan dalam pengamatan sebagian
besar siswa menunjukkan respon yang baik serta aktif selama penelitian ini. Hal
tersebut dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji test
“t” thitung ≥ ttabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,02 dan taraf signifikasi 1%
sebesar 2,702 diperoleh 6,08 ≥ 2,02 dan 6,08 ≥ 2,702. Nilai dari n-gain sebesar
0,632 sehingga model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki
pengaruh sedang terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep fisika siswa.
Hasil uji F penguasaan konsep memperoleh nilai Fhitung =30,73 dan Ftabel = 4,15
pada taraf signifikasi 5%, sehingga Fhitung ≥ Ftabel dan hasil uji F pada aktivitas
belajar memperoleh nilai Fhitung =11,07 dan Ftabel = 3,32 pada taraf signifikasi 5%,
sehingga Fhitung ≥ Ftabel, maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas

Belajar, Penguasaan Konsep Fisika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 07:51
Last Modified: 28 May 2024 07:51
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item
View Item