Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi

Astuti, Astuti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of ASTUTI  206180003 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI - Miftahul Jannah.pdf] Text
ASTUTI 206180003 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI - Miftahul Jannah.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan berpikir
kritis fisika siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian quasi
eksperimen dan desain penelitian the posttest-only design with Nonequivalent
grup. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Sekolah Madrasah
Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Sedangkan objeknya adalah proses
pelaksanaan pembelajaran dengan model Cooperative Script terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Laboratorium Kota
Jambi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 50 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample sehingga diperoleh
kelas X IPA 1 kelas eksperimen dengan jumlah 25 orang siswa dan kelas X IPA 2
kelas kontrol dengan jumlah 25 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah
tas dan angket. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji test “t” diperoleh
thitung sebesar 2,920 dan ttabel pada signifikan 5% sebesar 2,01, maka thitung > ttabel.
Dengan demikian ada perbedaan hasil analisis tes antara kemampuan berpikir
kritis fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script
lebih baik dari keterampilan berpikir kritis siswa dengan metode konvesional.
Nilai Effect Size yaitu dipeoleh nilai d sebesar 0,80. Hasil ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran Cooperative Script dapat mempengaruhi keterampilan
berpikir kritis fisika siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi
sebanyak 79% dengan kategori tinggi.
Kata Kunci : Penelitian Kuantitatif, Model Pembelajaran Cooperative Script,

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 07:36
Last Modified: 28 May 2024 07:36
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item
View Item