Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darusy Syafi’iyah Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi)

Oktaviani, Wilda (2023) Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darusy Syafi’iyah Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of WILDA OKTAVIANI 801202026 Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah ... - Wilda Oktaviani (1).pdf] Text
WILDA OKTAVIANI 801202026 Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah ... - Wilda Oktaviani (1).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh langsung dan tak
langsung antar variabel kemampuan manajerial terhadap kinerja guru, OCB
terhadap kinerja guru, serta kemampuan manajerial dan OCB secara
simultan terhadap kinerja guru. Kegunaan penelitian ini untuk melihat ada
atau tidaknya pengaruh antar variabel kemampuan manajerial dan OCB
terhadap kinerja guru.
Penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif atau
survey yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darusy
Syaf’iyah. Teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling
dengan jumlah sampel 17 guru. Hipotesis dalam penelitian ni adalah (1) ada
pengaruh antara kemampuan manajerial kepala madrasah terhadap kinerja
guru; (2) ada pengaruh antara OCB terhadap kinerja guru; (3) ada pengaruh
antara kemampuan manajerial dan OCB guru secara simultan terhadap
kinerja guru. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dengan taraf
signifikasi α = 0,05.
Penelitian ini menghasilkan tiga hal yaitu: (1) terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemampuan manajerial terhadap kinerja guru sebesar
52,1%, (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara OCB terhadap
kinerja guru sebesar 9,6%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuan manajerial dan OCB secara bersama-sama terhadap kinerja
guru sebesar 28,8%.
Adapun kesimpulan penelitian adalah semakin baik kemampuan
manajerial kepala madrasah dan OCB guru maka kinerja guru akan
semakin baik pula. Dengan implikasi untuk meningkatkan kinerja guru dapat
dilakukan dengan meningkatkan kemampuan manajerial kepala madrasah
dan kinerja guru tidak memiliki pengaruh terhadap baik atau tidaknya
organizational citizenship behavior (OCB) guru.
Kata kunci : Kemampuan Manajerial, Organizational Citizenship Behavior,

Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: editor
Date Deposited: 28 May 2024 07:25
Last Modified: 28 May 2024 07:25
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item