Metode Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak Al-Islami Litahfizil Qur‟an Al-Karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi

Lutfi, Muhammad (2022) Metode Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak Al-Islami Litahfizil Qur‟an Al-Karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of MUHAMMAD LUTFI 201180265 METODE MENGHAPAL AL QURAN DI PONDOK PESANTREN AL MUBARAK AL ISLAMI LITAHFIZIL QURAN AL KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI - fc dante denta.pdf] Text
MUHAMMAD LUTFI 201180265 METODE MENGHAPAL AL QURAN DI PONDOK PESANTREN AL MUBARAK AL ISLAMI LITAHFIZIL QURAN AL KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI - fc dante denta.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian, dalam suatu penelitian umumnya mempunyai tujuan
tertentu yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tujuan penelitian ini :
• Mengetahui Metode apa saja yang digunakan Dalam Menghapal Al-Qur‟an di
pondok Pesantren Al-Mubarak seberang Kota Jambi.

• Mengetahui Kesulitan apa saja yang dihadapi santri dalam Menghapal Al-
Qur‟an di pondok Pesantren Al- Mubarak Seberang Kota Jambi.

• Mengetahui Strategi apa saja yang digunakan dalam Mengatasi Kesulitan yang
di hadapi santri Dalam Menghapal Al-Qur‟an di pondok Pesantren Al-Mubarak
Seberang Kota Jambi .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu : empat
orang Guru, data skunder yaitu : santri. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi data yang telah
dikumpulkan kemudian diolah dengan cara analisis domain, analisis taksonomi
dan analisis komponensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Metode pembelajaran
membaca dan menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Mubarok Seberang
Kota Jambi, yaitu ada dengan cara dibimbing dan diajari sendiri, kemudian dari
dalam diri guru itu sendiri dengan cara memberikan ketauladanan (memberikan
contoh) guru dalam membina santri, pembinaan dengan metode nasehat,
kemudian diajarkan melalui pembiasaan dan latihan, kemudian diberikan motivasi
dan hukuman.
Adapun yang menjadi kendala diantaranya adalah : Kurangnya minat dan
semangat belajar santri, kurangnya pembiasaan pada santri untuk membaca dan
menghafal Al-Qur‟an dengan benar, santri yang malas, lemahnya daya serap (IQ)
sebagian santri. Usaha orang tua dalam mengatasi kendala-kendala diatas
diantaranya :
1) Meningkatkan kegiatan latihan,
2) Menyediakan sumber belajar yang variatif,
3) Mengadakan perlombaan kecil,
4) Memberikan pujian dan membantu mengatasi kesulitan belajar
5) Menginformasikan hasil belajar santri.

Kata Kunci : Membaca Al-Qur’an, Penerapan Metode, Menghafal Al-
Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 07:18
Last Modified: 28 May 2024 07:18
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item