Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Maryati, Lia (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulisan ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini
membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo Provinsi
Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
penerapan starategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
(PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo di kelas VIII,
mendeskripsikan problematika dan solusi penerapan strategi pembelajaran aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan mengetahui bagaimana respon
peserta didik dari penerapan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan (PAKEM). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 8 Kabupaten Tebo dengan teknik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan jenis penelitian ini
adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan
strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikelas VIII oleh guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu Bapak Faisal S,Pd.I sudah
dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan. 2) Adanya
beberapa problematika saat penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yaitu ketersediaan sarana dan prasarana
pembelajaran yang kurang memadai dan motivasi peserta didik yang kadang
menurun serta solusi mengatasinya yaitu kerja sama antara kepala sekolah dengan
guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan sarana dan
prasarana dalam pembelajaran dan serta memberikan motivasi yang tinggi kepada
peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas. 3) Respon peserta didik dari
penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
(PAKEM) berdampak positif, hal ini terlihat dari semangat dan antusias mereka
dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kata Kunci : Penerapan Strategi PAKEM, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 07:13
Last Modified: 17 Oct 2024 05:03
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item
View Item