Saputri, Geby Julia (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Mobile JKN BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Servqual. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini BPJS Kesehatan menerapkan satu transformasi digital dalam
bentuk aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini sangat membantu masyarakat dalam
mengakses BPJS Kesehatan dan memudahkan masyarakat dalam melakukan
pembayaran dan pengubahan data, namun berdasarkan dari data playstore dan
Appstore aplikasi ini memiliki rating yang terbilang cukup rendah serta
memiliki ulasan dan kritikan terkait penggunaan aplikasi mobile JKN, seperti
server sering keluar sendiri dan sulit dalam login masuk ke aplikasinya dll.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kualitas pelayanan
terhadap pengguna mobile JKN BPJS Kesehatan menggunakan metode
Servqual, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengambilan data
dari penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada pengguna mobile JKN,
dan pengolahan data tersebut menggunakan SPSS versi 25. Secara persial
variabel independen yang berpengaruh signifikan yaitu Assurance nilai
signifikansi (0,008 < 0,05) dan Responsiveness nilai signifikansi (0,000 <
0,05) makan H4 dan H5 signifikan terhadap variabel dependen (Y). Secara
simultan (uji f) diperoleh nilai signifikansi (sig) yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai f
hitung 52,934 > 2,31 maka seluruh variabel independen (X) berpengaruh
signifikan terhadap variabel dependen (Y). Berdasarkan perhitungan koefisien
determinan R2 disimpulkan bahwa pengaruh variabel independen Terhadap
variabel dependen yaitu terbesar 73,8% .
Kata Kunci: Mobile JKN,SERVQUAL,Kualitas Layanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 28 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:47 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/238 |