Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Powerpoint Pada Materi Perbandingan Matematika di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur

Anggraeni, Resti (2022) Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Powerpoint Pada Materi Perbandingan Matematika di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI RESTI ANGGRAENI TM151271 PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI POWERPOINT PADA MATERI PERBANDINGAN MATEMATIKA DIKELAS VII SMP N 13 TANJUNG JABUNG TIMUR - Resti Anggraeni.pdf] Text
SKRIPSI RESTI ANGGRAENI TM151271 PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI POWERPOINT PADA MATERI PERBANDINGAN MATEMATIKA DIKELAS VII SMP N 13 TANJUNG JABUNG TIMUR - Resti Anggraeni.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilatar belakangi oleh
rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika serta
kurangnya sarana pendukung pembelajaran seperti buku paket, media pembelajaran
dan alat peraga. Selain itu, terdapat kecenderungan bahwa siswa lebih antusias jika
penyajian materi dalam bentuk slide Powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran yang menarik, interaktif, praktis, mudah digunakan,
dan dapat menarik minat belajar siswa sehingga pembelajaran matematika menjadi
lebih menyenangkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE. Program yang digunakan adalah Powerpoint 2016. Media
interaktif yang dihasilkan dinilai layak oleh validator ahli media dan ahli materi, guru
serta siswa. Ahli materi memberikan nilai kelayakan 82.35% dan ahli media 90.9%,
dengan demikian media berada pada kategori sangat layak. Penilaian oleh guru
mendapatkan nilai kelayakan 95%. Penilaian oleh siswa pada uji coba kelompok kecil
diperoleh nilai kelayakan 90% dan 90.6% pada uji coba kelompok besar. Pada saat
proses pembelajaran menggunakan media interaktif siswa terlihat lebih antusias dalam
pembelajaran. Hasil angket minat belajar siswa sangat tinggi yaitu 91.2%. Hasil belajar
siswa berada dalam kategori tinggi dengan presentase ketuntasan 85.2%. Secara umum,
media dinyatakan layak dan efektif, menarik, mudah digunakan, dan memberikan
manfaat serta menarik minat siswa dalam pembelajaran Matematika.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Powerpoint, Perbandingan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 28 May 2024 06:52
Last Modified: 28 May 2024 06:52
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item