Pengaruh Penarapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Khasbianti, Ria (2022) Pengaruh Penarapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of RIA KHASBIANTI 208173149 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNIG (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT - Ri.pdf] Text
RIA KHASBIANTI 208173149 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNIG (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SABILUL MUTTAQIN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT - Ri.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Cotextual
Teaching Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin, penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan desain Postest- Only Control Design. Sedangkan
pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes dan observasi, penelitian menemukan
bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berpengaruh
secara signifikan Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin dari perhitungan didapat skor rata-rata
pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model Contextual Teaching
Learning pada materi pecahan diperoleh 81,25 dengan deviasinya 10,76 dan rata-rata
nilai observasi sebesar 74,83 dengan deviasinya 8,81 kemudian data tersebut
dilakukan uji “t” didapat thitung = 4,23 dan thitung =3,93 untuk nilai observasi dan
setelah membandingkan antara thitung dan ttabel ternyata thitung > ttabel pada taraf
signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% diperoleh 2,07 < 4,23 > 2,82 untuk
nilai tes 2,07 < 3,93< 2,82 untuk nilai observasi maka thitung > ttabel maka Ho
ditolak, kemudian dilakukan uji kolerasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1%
diperoleh 0,404 < 0,59 > 0,515 uji nilai tes dan dan 0,404 < 0,67 > 0,515 untuk nilai
observasi karena > ttabel maka Ho ditolak, dengan demikian Model Contextual
Teaching Learning ( CTL) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap peahaman
konsep matematis siswa kelas VII Tsanawiyah Sabilul Muttaqin.

kata Kunci : Model Contextual Teaching Learning (CTL) Pemahaman Konsep

Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 28 May 2024 06:56
Last Modified: 28 May 2024 06:56
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item