Firmansyah, Firmansyah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran (PBL) Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran
(PBL) Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika
Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini, terdapat sampel
penelitian sebanyak 45 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive
sampling. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan quasi eksperimental design dan menggunakan desain the
posttest only control group desain. Peneliti menemukan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa dalam ranah kognitif. Selain itu,
dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji test “t”
diperoleh thitung sebesar 4,25 dan ttabel pada signifikan 5% sebesar 2,02, maka thitung
> ttabel. Demikian ada perbedaan hasil analisis tes antara kemampuan pemecahan
masalah Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dengan metode konvensional. Hasil klasifikasi menggunakan Effect Size
yaitu diperoleh nilai ds sebesar 1,19. Hasil ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi kemampuan
pemecahan masalah Fisika siswa pada mata pelajaran Fisika di Sekolah Menengah
Atas Negeri 11 Muaro Jambi sebanyak 88 %.
Kata Kunci: Penelitian Kuantitatif, model pembelajaran Problem Based Learning,
Kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:46 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/230 |