Analisis Kinerja Pelayanan Publik Pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Keliling di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Anggela, Yessi (2022) Analisis Kinerja Pelayanan Publik Pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Keliling di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Yessi Anggela - Yessi Anggela.pdf] Text
Skripsi Yessi Anggela - Yessi Anggela.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Publik Pada
Samsat Keliling di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Penelitian ini dilakukan di
Kantor Samsat Kabupaten Tebo Provinsi Jambi tentang pelayanan pembayaran
pajak kendaraan khususnya kendaraan bermotor roda dua yang belum maksimal
melalui kinerja atau pelayanan Samsat Keliling. Metode yang digunakan dalam
Penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelayanan
pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua melalui Samsat Keliling
Kabupaten Tebo Provinsi Jambi sudah berjalan sesuai dengan standar operasional
pelayanan (SOP), registrasi dan pembayaran pajak kendaraan dengan waktu yang
relative cepat dan tepat dengan kinerja pelayanan Samsat Keliling dalam
memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tanggung jawab yang
dinilai dalam kualitas kinerja seorang pegawai serta menjankan tugas dan
fungsinya masing-masing. Sedangkan Faktor Pendukung Penyelenggara
Pelayanan Samsat Keliling di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi yaitu adanya
program pemutihan pajak tahunan, Memvalidasi data pada tagihan pajak yang
menunggak, dipasang nya spanduk, menyebarkan brosur-brosur, melakukan Razia
Triwulan, dan melakukan sosialisasi kepada wajib pajak. Sedangkan Faktor
Penghambat Penyelenggara Pelayanan Samsat Keliling di Kabupaten Tebo
Provinsi Jambi yaitu kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya pemahaman
masyarakat, kurangnya SDM, kurangnya sarana dan prasarana, medan jarak
tempuh yang jauh dengan kondisi jalan yang rusak, jaringan internet dan tidak
dapat melakukan pembayaran pajak 5 tahunan.

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Samsat Keliling

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 May 2024 08:25
Last Modified: 27 May 2024 08:25
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item