Persepsi Mantan Karyawan Bank Syariah terhadap Praktik Perbankan Syariah di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.

Putra Abadi, Septriau (2023) Persepsi Mantan Karyawan Bank Syariah terhadap Praktik Perbankan Syariah di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Septriau Putra Abadi 802202015 - Persepsi Mantan Karyawa - s putra abadi.pdf] Text
Septriau Putra Abadi 802202015 - Persepsi Mantan Karyawa - s putra abadi.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

―Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
praktik mantan karyawan bank syariah dalam menjalankan kegiatan
perbankan syariah, kesesuaian produk dan jasa yang dimiliki bank
syariah, proses penerimaan, menganalisa dan mencairkan pembiayaan
kepada nasabah, serta memberikan pelayanan terhadap setiap nasabah
perbankan syariah di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. ―
―Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif, dimana
metode Deskriptif ini peneliti menganalisa, menggambarkan dan
melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian. ―
―Temuan dan hasil penelitian, 1. Produk dan jasa yang dimiliki
perbankan syariah dirasakan aman-aman saja untuk dipergunakan oleh
setiap kalangan nasabah, 2. Praktik pelayanan bank syariah kepada
nasabah pembiayaan sama seperti pelayanan yang diberikan pada
produk dan jasa lainnya, bank akan memberikan efek kenyamanan
kepada nasabah, agar nasabah dengan senang hati menggunakan
produk dan jasa serta fasilitas yang dimiliki oleh perbankan, untuk produk
yang dimiliki bank syariah semuanya sudah sesuai dengan aturan syariat
islam, tetapi praktik yang dilakukan oleh mantan karyawan bank syariah
saat itu cukup banyak proses yang tidak sesuai dengan syariat Islam,
seperti pemberian pembiayaan dalam bentuk uang bukan barang, margin
yang dirasakan lebih tinggi dan berubah-ubah, akad yang tidak sesuai
dengan tujuan penggunaan pembiayaan, denda yang memberatkan
nasabah, perjanjian pembiayaan berbeda dengan penggunaan dana oleh
nasabah, karyawan yang memanipulasi data nasabah pembiayaan, serta
penyimpangan dan permasalahan lainnya pada bank syariah, 3.
Pelayanan perbankan syariah sudah cukup baik, tergantung standar yang
diberlakukan oleh perusahaan terhadap karyawan yang melayani
nasabahnya. ―
―Implikasi penelitian praktik perbankan syariah yaitu pada produk
dan jasa perbankan syariah dikategorikan sudah baik dan sesuai aturan
keislaman, produk dan jasa serta fasilitas ini juga bermanfaat bagi
nasabah. Pada produk pembiayaan perbankan syariah dalam praktiknya
masih terdapat banyak permasalahan yang ditemui, serta penyimpangan
dan permasalahan-permasalahan lainnya, diharapkan dapat diperbaiki
agar bank syariah pada praktiknya benar-benar sesuai dengan syariat
islam. Pelayanan perbankan syariah saat ini sudah memberikan layanan
kepada nasabah agar merasa nyaman bertransaksi di bank syariah, serta
perkembangan digital sudah memberikan kemudahan bagi nasabah untuk
mengakses perbankan kapan saja dan dimana saja. ―
Kata Kunci: “Persepsi, Mantan Karyawan, Praktik Perbankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 08:21
Last Modified: 27 May 2024 08:21
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item