Hafivah, Isti (2022) Analisis Strategi Pemasaran Souvenir Dan Kerajinan Tangan Dari Lidi Sawit Agus Arum Art. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh Agus
Arum Art berupa: Implementasi strategi pemasaran yang digunakan belum
maksimal yang mengakibatkan target penjualan tidak sesuai, dikarenakan tingkat
penjualan mengalami penurunan, maka perlu adanya identifikasi pada faktor
lingkungan internal dan ekternal pada usaha tersebut dan upaya pelaku usaha
untuk meningkatkan strategi pemasaran.Metode penelitian yang digunakan oleh
peneliti adalah dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian ini adalah: (1)
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha kerajinan tangan lidi sawit Agus
Arum Art dengan tiga langkah yaitu, pertama segmentasi pasar, kedua target
pasar, ketiga strategi positioning. (2) Kemudian faktor yang mentukan
strategipemasaran souvenir dan kerajinan tangan dari lidi sawit Agus Arum Art
terangkum dalam Marketing Mix dalam perspektif Islam yang meliputi 5P yaitu
(Product, Price, Place, Promotion dan People).(3) Membandingkan model
strategi pemasaran antara usaha kerajinan lidi sawit Agus Arum Art dengan usaha
kerajinan lain yang sejenis sebagaimana dijelaskan di atas maka terlihat bahwa
Agus Arum Art perlu menerapkan model pemasaran model promosi dan media
promosi yang lebih variatif dalam hal digital marketing, seperti yang telah
dilakukan oleh usaha kerajinan bambu di Desa Tigawasa, dengan pemasaran
digital marketing melalui Content Marketing, Instan Messaging Marketing, dan
yang terakhir Social Media Marketing. Hal tersebut akan lebih mengoptimalkan
daya jangkau dari promosi produk dari Agus Arum Art dan lebih dikenal dalam
skala nasional. Dalam tinjauan ekonomi syariah, kegiatan usaha yang dilakukan
oleh Agus Arum Art telah sesuai dengan ajaran Islam, karena bahan baku dan
hasil produk berupa piring lidi kecil/besar, keranjang buah/parsel, keranjang baju,
keranjang baju, kaca hias, tudung saji, tas dan kursi telah terjamin kehalalannya
dan di jual dengan harga standar tanpa merugikan pembeli maupun penjualnya.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Agus Arum Art, Kerajinan Tangan Lidi Sawit
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:11 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/208 |