Pengaruh pembelajaran Fisika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa MTS N 3 Muaro Jambi

Rizky Amalya, Dwita (2022) Pengaruh pembelajaran Fisika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar terhadap hasil belajar siswa MTS N 3 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of DWITA RIZKY AMALYA 206180047 PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN - dwita rizky.pdf] Text
DWITA RIZKY AMALYA 206180047 PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN - dwita rizky.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar
Fisika siswa MTS N 3 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini terdapat sampel
penelitian sebanyak 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple
random sampling. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti
menemukan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching
and Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Selain itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji
test “t” diperoleh nilai signifikansi 0,00 yang menunjukan bahwa terdapat
pengaruh positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar yaitu kenaikan
nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat setelah diberi perlakuan dengan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) walaupun dikategorikan
rendah yaitu sebanyak 28%.

Kata Kunci: Penelitian Kuantitatif, Pendekatan Pembelajaran Contextual

Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar Fisika Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 08:09
Last Modified: 27 May 2024 08:09
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item