Pengaruh Strategi Reward Terhadap Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah As’ad Kota Jambi

Khotimah, Husnul (2023) Pengaruh Strategi Reward Terhadap Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah As’ad Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Husnul Khotimah PBA202190008 Pengaruh Strategi Reward Terhadap Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah As'ad Kota Jambi - Husnul Khotimah.pdf] Text
Husnul Khotimah PBA202190008 Pengaruh Strategi Reward Terhadap Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah As'ad Kota Jambi - Husnul Khotimah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh reward terhadap minat siswa dalam
belajar bahasa arab di Madrasah Aliyah As’ad Kota Jambi yang dilatar belakangi
oleh kurangnya minat siswa pada pembelajaran bahasa arab serta minat sangat
besar pengaruhnya terhadap belajar karena bila siswa yang berminat terhadap
sesuatu pelajaran akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya
tarik baginya. Minat belajar siswa adalah suatu perhatian kesukaan
(kecendrungan) untuk memperoleh prestasi belajar. Motivasi belajar adalah suatu
faktor pendorong untuk bebuat sesuai dengan pengetahuan sehingga mendapatkan
hasil prestasi belajar yang memuaskan baik itu dari segi hadiah ataupun pujian
yang nantinya membuat siswa aktif dalam pembelajaran bahasa arab.
Dalam penelitian ini rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas XI Keagamaan 2 Putri,kelas XI IPAPutri dan kelas XI IPS Putri
Madrasah Aliyah As’ad Kota Jambi. Sampling dalam penelitian ini menggunakan
tekhnik random sampling sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan
adalah siswa kelas XI Keagamaan 2 Putri yang berjumlah 29 siswa. Dalam
penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui minat
siswa dalam belajar bahasa arab.
Hasil penelitian ini adalah. (1) Minat belajar bahasa arab siswa yang tidak
digunakan reward dengan rata-rata sebesar 54,93 (2) Minat belajar bahasa arab
siswa yang menggunakan Reward dengan rata-rata sebesar 77,31 (3) Ada
pengaruh reward terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab, hasilnya
diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,804,
ada pengaruh reward terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab, hasilnya
diperoleh thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 0,05% sehingga 7,031 > 2,05.
Kata kunci: Strategi Reward, Minat Siswa, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 08:06
Last Modified: 27 May 2024 08:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item