Penerapan model pembelajaran Generatif pada pembelajaran IPA dalam upaya mengurangi Miskonsepsi siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi.

Okta Rini, Renshy (2022) Penerapan model pembelajaran Generatif pada pembelajaran IPA dalam upaya mengurangi Miskonsepsi siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of RENSHY OKTA RINI (206180007) - Renshy Rini.pdf] Text
RENSHY OKTA RINI (206180007) - Renshy Rini.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tingginya persentase siswa yang mengalami miskonsepsi IPA/ Fisika dalam
proses pembelajaran di kelas VIII F SMP Negeri 22 Kota Jambi, melatar
belakangi penelitian yang bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi pada siswa
dengan mengggunakan model pembelajaran generatif pada mata pelajaran IPA
atau Fisika di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan
test. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas VIII F SMP Negeri 22 Kota
Jambi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar
keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes Miskonsepsi.
Penelitian ini menemukan hasil bahwa penerapan Model Pembelajaran Generatif
dapat mengurangi miskonsepsi pada siswa dengan Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dalam sub bab materi getaran dan gelombang di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan bahwa aktivitas
siswa dan guru mengalami peningkatan yang positif, yaitu; siklus I sampai II
pada kegiatan siswa dikegiatan pendahuluan dengan rata-rata 86%; hingga 95%.
Pada siklus I sampai II dikegiatan inti dengan rata-rata 61%; hingga 83,5%. Pada
siklus I sampai II dikegiatan penutup dengan rata-rata 79%; hingga 97,5%.
Adapun pada siklus I sampai II dikegiatan pendahuluan dengan rata-rata 92%;
hingga 100%, pada siklus I sampai II dikegiatan inti dengan rata-rata 61%;
hingga 100% dan pada siklus I sampai II dikegiatan penutup dengan rata-rata
90,6%; hingga 100%. Adapun aspek miskonsepsi siswa mengalami kemajuan
yang positif dari siklus I hingga II, Siklus I dengan rata-rata nilai 68 dan siklus II
terdapat adanya peningkatan rata rata mencapai 78,87.

Kata kunci : Model Pembelajaran Generatif, Miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 May 2024 07:24
Last Modified: 27 May 2024 07:24
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item