“Pengaruh Penggunaan Model Scientific Learning dengan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di MAN 2 Muaro Jambi

Siregar, Desi safitri (2022) “Pengaruh Penggunaan Model Scientific Learning dengan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di MAN 2 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of DESI SAFITRI SIREGAR 206180021 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCIENTIFIC LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN 2 MUARO JAMBI - desi safitri siregar.pdf] Text
DESI SAFITRI SIREGAR 206180021 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCIENTIFIC LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN 2 MUARO JAMBI - desi safitri siregar.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari skripsi ini untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan model
scientific learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa di MAN 2 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini, terdapat sampel penelitian
sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik non
probability sampling yaitu sampling jenuh. Adapun penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design dan
menggunakan desain one group pretest-posttest. Peneliti menemukan bahwa model
scientific learning dengan media audiovisual berpengaruh secara signifikan
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang diukur dari ranah kognitif. Selain
itu, dapat dibuktikan pada analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” atau
cohen’s d diperoleh t hitung sebesar 26,33 dan pada t tabel pada signifikan 5%
sebesar 2,09, maka t hitung > t tabel. Dengan demikian ada perbedaan model
scientific learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa sebelum dan sesudah kelas diberi perlakuan dalam ranah kognitif siswa.
Sedangkan hasil signifikansi menggunakan uji cohen’s d didapatkan r hitung
sebesar 0,68 atau 76% dengan kategori interpretasi sedang. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model scientific
learning dengan media audiovisual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Scientific Learning, Media Audiovisual, Pembelajaran Fisika, Berpikir

Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 07:35
Last Modified: 27 May 2024 07:35
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item