Izah, Ulva (2023) KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 MERANGIN. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
26. ULVA IZAH.pdf
Download (306kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri dalam belajar dan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMA N 4 Merangin. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Merangin pada bulan juni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang digunakan hanya kelas X yang berjumlah 63 siswa dengan menggunakan teknik quota sampling. Data kepercayaan diri menggunakan data primer berupa kuesioner dan untuk Prestasi Belajar menggunakan data sekunder berupa nilai rata-rata raport siswa semester ganjil. Uji prasyarat analisis yang dilakukan dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Y = 25,316 + 0,939X. Dilakukan juga uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 26 pada taraf sifnifikansi 0,05 dan diperoleh data berdistribusi normal. Uji korelasi Product Moment Pearson dengan menggunakan SPSS, hasil yang diperoleh adalah rxy = 0,466 hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan anatara variabel X dan Variabel Y. Perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.969 ini menunjukkan bahwa 96,9% prestasi belajar siswa ditentukan oleh kepercayaan diri. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:23 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:23 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1763 |