Windiasari, Windiasari (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 03 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
24. WINDIA SARI.pdf
Download (594kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Muaro Jambi melalui penerapan metode role playing (bermain peran). Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa dan 1 orang guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Muaro Jambi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode role playig (bermain peran) dan pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian adalah obsevasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil pemahaman belajar siswa hanya mencapai 47,5% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas hasil yang diperoleh siklus I pada keterampilan berbicara siswa sebesar 52,5% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86,3% tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Muaro Jambi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:06 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:06 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1760 |