Sakwan, Egun (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS III MI QUHAS PRIMARY SCHOOL KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
22. EGUN SAKWAN.pdf
Download (341kB)
Abstract
Kegiatan menumbuhkan minat baca pada siswa belum banyak dilaksanakan oleh guru kelas sehingga berdampak pada rendahnya minat baca siswa. Hal ini dapat diatasi dengan menyediakan waktu yang lama untuk membaca, menyediakan banyak reterensi dan melatih tekun dalam membaca. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan keadaan minat baca, upaya guru dalam meningkatkan minat baca dan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas III MI Quhas Primary School Kota Jambi. Metode penelitian ini yaitu Penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa minat baca pada siswa kelas III masih masih kurang, kurangnya semangat dalam hal meningkatkan minat baca dapat dilihat dari keadaan siswa yang memiliki minat membaca tinggi hanya sedikit sekali dibandingkan siswa yang tidak berminat untuk membaca. Kurangnya pembiasaan kegiatan membaca juga masih ditemukan, karena pembiasaan membaca masih rendah sehingga Faktor Pendukung dalam meningkatkan minat baca pada siswa diantaranya adanya perencanaan kegiatan membaca, penyusunan program dan adanya pengadaan infrastruktur/sarana meningkatkan minat baca. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca diantaranya kemampuan siswa yang berbeda-beda dan lemahnya daya serap (IQ). Upaya guru meningkatakan minat diantaranya memaksimalkan kompetensi atau kemampuan guru, menyediakan sarana dan prasarana pendukung, memberikan tantangan dengan mengadakan persaingan sehat dan mengembangkan kebiasaan membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:44 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:44 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1758 |