Al Asabani, M (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Ketrampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD
IPA berbasis keterampilan proses sains pada materi ekosistem dan komponennya
di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi dan mengetahui respon
peserta didik terhadap LKPD IPA berbasis keterampilan proses sains pada
ekosistem dan komponennya di kelas V. Model yang digunakan merupakan
model Bord and Gall mempunyai 8 tahap yaitu potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk,
revisi produk, uji coba pemakaian. Subjek pada penelitian 24 peserta didik kelas
V instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kelayakan LKPD ini yaitu
angket penilaian oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa.
Hasil penelitian LKPD berbasis keterampilan proses sains dalam
pembelajaran tematik muatan IPA menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan
sebagai bahan ajar hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh dari ahli
media 93% dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari ahli materi 80%
dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari ahli bahasa 93% dengan kriteria
sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase kevalidan
86% dengan kriteria sangat valid, uji coba kelompok memperoleh presentase
kevalidan 87% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil validasi ahli dan uji coba
produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan
proses sains sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, keterampilan proses sains, IPA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:15 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/175 |